Skip to content

ANALISIS PEMERINTAHAN POL POT DI KAMBOJA DITIJAU DARI IMPLEMENTASI DEMOKRASI

September 15, 2011

Pol Pot merupakan pemimpin Negara Kamboja yang berkuasa pada tahun 1975-1979. Pol Pot menjadi penguasa. setelah melaksanakan perang gerilya dengan rezim kekuasaan sebelumnya. Pasukan yang digunakan dikenal dengan Khmer Merah, yakni cabang militer dari Komunis Kamboja.

Pada masa pemerintahannya, Pol Pot menghukum mati seluruh rakyat Kamboja yang pernah bergabung dengan rezim Lon Nol, yakni penguasa sebelumnya. Rakyat keturunan Cina, Vietnam, para pedagang pun turut menjadi korban kekejaman. Oleh karena itu terjadi arus pengungsian menuju Thailand.

Pemerintah Pol Pot juga menyatakan bahwa tahun kedatangannya sebagai tahun nol. Rezim ini melakukan penghapusan hokum dan mata uang, penghentian pelayanan pos, pemutusan hubungan internasional, perekonomian hanya disokong dari aspek agraria. Akibatnya ekonomi Negara merosot tajam diikuti dengan kemiskinan dan kelaparan, serta berdampak pada semua sendi kehidupan.

Berdasar hal di atas, penulis menganalisis bahwa pemerintahan Pol Pot bertolak belakang dengan nilai-nilai demokrasi. Pemerintahan komunis lebih mendekatkan diri pada bentuk otoriterisme kekuasaan dan pemerintahan merupakan alat untuk menindas rakyat. Beberapa hal menjadi indikator.

Pertama, hak-hak warga negara dalam menyatakan pendapat maupun perbedaan yang tidak dipenuhi. Segala bentuk yang berlawanan dengan pemerintah akan ditindas. Pembunuhan masal yang dilakukan oleh rezim pemerintahan merupakan pelanggaran HAM berat. Kedua, sistem hukum yang dihapuskan mengindikasikan bahwa hukum yang berlaku hanyalah kebikan dari penguasa dan moncong senjata. Dengan demikian tidak akan ada lagi kontrol sebagai check and balance. Ketiga, keterbukaan birokrasi pemerintah dan peran serta warga Negara dalam pemerintahan tidak dilaksanakan. Rakyat sebagai pemegang kekuasaan tertinggi jelas tidak terakomodasi.

 

Daftar Rujukan

Ahmad Suhelmi. 2007. Pemikiran Politik Barat. Jakarta: Gramedia

Miriam Budiardjo. 2009. Pengantar Ilmu Politik. Jakarta: Gramedia.

BBC News. Diakses pada tanggal 5 Mei 2011 .http://translate.google.co.id/translate?hl=id&sl=en&u=http://news.bbc.co.uk/2/hi/asiapacific/78988.stm&ei=paPCTZmoMNDtrQe3kYXxAw&sa=X&oi=translate&ct=result&resnum=16&ved=0CHcQ7gEwDw&prev=/search%3Fq%3Dpolpot%26hl%3Did%26biw%3D1024%26bih%3D579%26prmd%3Divns

http://translate.google.co.id/translate?hl=id&sl=en&u=http://www.yale.edu/cgp/&ei=paPCTZmoMNDtrQe3kYXxAw&sa=X&oi=translate&ct=result&resnum=17&ved=0CIABEO4BMBA&prev=/search%3Fq%3Dpolpot%26hl%3Did%26biw%3D1024%26bih%3D579%26prmd%3Divns Diakses tanggal 5 Mei 20011

From → Experience

Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: