Skip to content

PENGARUH SEJARAH TERHADAP KEWIRAUSAHAAN DI INDONESIA

Januari 4, 2011

Oleh Subekty Wibowo

Sejarah merupakan rekaman jejak perjalanan hidup manusia pada masa lampau. Pengalaman tersebut mencakup usaha manusia dalam mengupayakan perubahan dalam hidupnya dari aspek politik ekonomi, sosial, dan budaya. Pengalaman tersebut menjadi titik tolak dalam membangun kehidupan masa kini dan merencanakan masa depan.

Dalam perjalanan hidupnya manusia menemukan nilai sebuah kehidupan. Nilai-nilai berupa ide-ide maupun konsep kreatif sebagai sumber motivasi bagi pemecahan masalah kini dan selanjutnya untuk merealisasikan harapan masa yang akan datang. Dengan kata lain, ada hikmah dalam suatu kejadian masa lampau untuk menjadi sebuah pelajaran untuk manusia itu sendiri. Selain itu, sejarah juga dapat memberi implikasi pada kehidupan masa kini, misalnya pengaruh sejarah terhadap kewirausahaan di Indonesia.

Jumlah wirausaha di Indonesia saat ini masih sedikit dibandingkan dengan jumlah penduduk Indonesia. Banyak analisis para ahli yang mengungkapkan penyebab rendahnya jumlah wirausaha, antara lain karena perilaku orang Indonesia itu sendiri. Masalah mental dan budaya menjadi faktor utama karena umumnya orang Indonesia tidak mau mengambil resiko. Hal tersebut berjalan hingga kini.

Penulis menganalisis masalah mental dan budaya yang menjadi masalah pada masa kini merupakan sebuah rentetan masalah sejak zaman dahulu. Dengan demikian ada faktor pada masa lampau yang mempengaruhi perkembangan kewirausahaan di Indonesia. Oleh karena itu tinjauan historis atau sejarah mutlak diperlukan .

Bangsa Indonesia terkenal akan kekayaan alam yang melimpah mendorong imperialisme dan kolonialisme bangsa Barat, yang pada awalnya hanya berdagang saja. Upaya penjajahan tersebut meliputi eksploitasi sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Bentuk eksploitasi tersebut dialkukan dengan tanam paksa, kerja paksa, monopoli perdagangan, maupun bentuk yang lainnya.

Rakyat Indonesia pada saat itu umumnya merupakan kelas bawah dalam status sosial. Rakyat dijadikan sebagai tenaga kerja paksa dengan gaji murah dan terbiasa dengan penindasan. Kebiasaan yang seperti ini secara tidak langsung memberi efek psikologis rakyat Indonesia yang bermental kuli, maksudnya akan bekerja apabila ada perintah.

Sektor pendidikan yang diharapkan akan membawa perubahan ternyata tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Pendidikan pada masa kolonialisme Belanda difokuskan untuk menyiapkan orang yang akan dipekerjakan sebagai kaki tangan pemerintah kolonial dan hanya dinikmati oleh segelintir orang. Setelah menempuh pendidikan mereka akan menempati posisi strategis untuk melanggengkan pemerintah konial. Hal ini berpengaruh pada urgensi pendidiakn yang melahirkan manusia yang memiliki intelektual dan berakhlak mulia mengarah pada bentuk sekulerisme. Ijazah menjadi sesuatu yang diagungkan untuk mendapat posisi penting dalam masyarakat. Dengan demikian menerapkan mental priyayi dengan tidak ingin bersusah payah. Setidaknya itulah implikasi pendidikan masa colonial yang tetap berlangsung hingga saat ini.

Fakta yang telah dipaparkan di atas menunjukkan bahwa sejarah perjalanan bangsa Indonesia membawa pengaruh terhadap kewirausahaan di Indonesia. Pendidikan menjadi aspek penting dalam pengaruh kewirausahaan. Untuk mendorong perkembangan kewirausahaan pendidikan patut dijadikan sebagai sarana pengembangan dengan menanamkan pendidikan kewirausahaan semenjak dini.

DAFTAR PUSTAKA

http://roniyuzirman.wordpress.com/20…-ambil-risiko/

Diakses pada tanggal 24 Oktober 2010

http://intl.feedfury.com/content/17146948-manfaat-pendidikan-sejarah.html

Diakses pada tanggal 29 Desember 2010

About these ads

From → Experience

Tinggalkan sebuah Komentar

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: